Pemodelan
geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang
mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk.
Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D
adalah model yang penting dalam komputer tipografi dan gambar teknik. Tiga
dimensi model adalah pusat untuk computer aided design dan manufacturing (CAD /
CAM), dan banyak digunakan dalam bidang teknik seperti sipil dan mechanical
engineering, arsitektur, geologi dan medis pengolahan gambar.
Tranformasi
dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa
di tampilkan pada suatu komputer:
·
Shape/bentuk
·
Posisi
·
Orientasi
(cara pandang)
·
Surface
properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
·
Volumetric
properties / ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
·
Lights/cahaya
(tingkat terang,jenis warna)
·
Dan
lain-lain.
Pemodelan
Geometris yang lebih rumit :
·
Jalan-jalan
segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan
satu sama lain
·
Bentuk
permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah
·
CSG
: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang
primitif.
Elemen-Elemen
Pembentuk Grafik
Pemrosesan
Citra Untuk Ditampilkan Dilayar
Geometris
model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi,
orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat
tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan
beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus
pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
Sumber
: http://aaf-aafwulan.blogspot.com/2011/10/pemodelan-geometris.html
http://www.mpi-inf.mpg.de
http://graphics.ucsd.edu
0 komentar:
Posting Komentar
Don't forget to comment... ^ _ ^