Searching...
Jumat, 23 Maret 2012

Indonesia Pernah Menginspirasi Bangsa Lain

MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
Tema : Kepribadian Bangsa Timur
Indonesia Pernah Menginspirasi Bangsa Lain

                                     Nama : Sonityo Danang Jaya
     NPM : 56411856
     Kelas : 1ia24


TEKNIK INFORMATIKA / S1
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
__________________________________________________________________________________________________
 
BAB I
PENDAHULUAN
  
1.1. Latar Belakang

Bangsa secara umum dapat diartikan sebagai “Kesatuan orang-orang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, agama, dan historisnya”. Bangsa adalah sekelompok besar manusia yang memiliki cita-cita moral dan hukun yang terikat menjadi satu karena keinginan dan pengalaman sejarah di masa lalu serta mendiami wilayah suatu Negara.

Dari uraian mengenai bangsa yang telah di paparkan di atas muncul pertanyaan, yakni sebagai berikut :
1. Apa itu Kepribadian Bangsa Timur ?
2. Seperti apakah bangsa kita yakni Bangsa Indonesia sebagai salah satu bagian dari sekian banyak Bangsa Timur yang lainnya ?
 
1.2. Tujuan
    • Mengetahui seperti apa kepribadian Bangsa Timur ?
    • Mengetahui kepribadian bangsa kita Bangsa Indonesia sebagai salah satu Bangsa Timur.
    __________________________________________________________________________________________________

    BAB II
    PEMBAHASAN

    2.1. Kepribadian Bangsa Timur

    Kepribadian bangsa timur terkenal dengan adat istiadatnya yang kental, contohnya kepribadian bangsa indonesia yang sangat mengedepankan nilai-nilai budaya yang ada di indonesian masih di lestarikan sampai sekarang. Misalnya: tari-tarian daerah,upacara adat, dan rumah adat. Seperti Bali yang masih melestarikan upacara adat “Ngaben”. Ngaben adalah upacar pembakaran mayat menurut agama hindu. Selain itu bangsa timur dikenal juga sebagai bangsa yang memiliki sopan santun yang tinggi, contohnya cara berpakain yang baik menurut bangsa timur adalah pakaian yang tidak serba terbuka atau ketika bertemu dengan orang lain wajib saling menyapa agar terjalin silahturahmi yang baik antar manusia.

    Kepribadian bangsa timur juga dicerminkan oleh nilai-nilai agama yang sangat kuat, sehingga sikap dan sifatnya sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai agama. Seperti adanya batasan antara laki-laki dan perempuan atau segala sesuatu yang berhubungan antara individu tertentu denagn lingkungannya. semua hal tersebut juga diatur oleh hukum agama dan diperkuat oleh hukum negara. Pada akhirnya, walau kita berbeda agama tetapi diharapkan adanya toleransi antar umat beragama. Karena bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang toleransi akan budaya, ras, dan agama. Sehingga tidak terciptanya kesenjangan sosial.

    Tetapi tidak dipungkiri kepribadian bangsa timur juga masih kental dengan hal-hal yang berbau mistik, seperti kepercayaan ibu-ibu bila anak bayi dibawa keluar saat magrib maka anak tersebut akan ketempelan makhluk halus. Atau pengobatan tradisional yang masih dibantu dengan kekuatan magis yaitu kekuatan yang dipercaya datangnya dari roh nenek moyang.


    2.3. Indonesia Pernah Menginspirasi Bangsa Lain

    Langkah Indonesia yang diklaim inspiratif terkait kesediaannya meratifikasi traktat Pelarangan Uji Coba Senjata Nuklir pada 6 Desember lalu, yang disusul dengan kesepakatan antarnegara anggota ASEAN dengan negara pemilik senjata nuklir (P5) terkait traktat Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara.

    "Pengalaman Indonesia kiranya dapat menjadi lesson learned dan sumber inspirasi masyarakat internasional. Kemajuan dapat dicapai, progress is possible," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dalam Konferensi Perlucutan Senjata di Jenewa, Swiss.

    Marty lebih lanjut menekankan perlunya kemauan politik yang kuat dari seluruh negara dengan dibarengi pelibatan masyarakat sipil untuk kembali menggelorakan semangat mewujudkan dunia tanpa senjata nuklir. Dengan merujuk pada pencapaian ASEAN tadi, Marty juga mendorong negara-negara di kawasan Timur Tengah mengupayakan pengaturan serupa, yang diyakini akan memberi sumbangan nyata bagi penciptaan perdamaian dan rasa saling percaya di kawasan itu.

    Pernyataan Marty disambut hangat oleh para perwakilan negara anggota konferensi, seperti disampaikan Presiden konferensi Galegos Chiriboga. Selain hadir dalam konferensi itu di Jenewa, Marty juga berpartisipasi dalam Sidang Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa, menggelar pertemuan bilateral dengan Komisaris Tinggi HAM PBB Navi Pillay, dan serangkaian pertemuan bilateral dengan sejumlah negara sahabat lain.

    ( Dikutip dari Kompas.com).

    Selain dari yang telah dipaparkan di atas mengenai Indonesia sebagai sumber inspirasi penghapusan senjata nuklir, Indonesia juga pernah menginspirasi berbagai hal, diantaranya :
    1.      Kearifan Budaya Lokal Bali Menginspirasi Dunia Melawan Pemanasan Global.
    2.      Peralatan musik tradisional Indonesia dianggap sesuatu yang hebat oleh Dunia.
    3.      Batik tulis khas Indonesia merupakan sebuah karya seni yang tiada duanya di Dunia.
    4.      Kebudayaan - kebudayaan Indonesia menjadi daya tarik sendiri oleh bangsa – bangsa lainnya.
    5.      Ideologi Indonesia yakni Pancasila merupakan Ideologi yang Ideal.
           Dan masih banyak lagi kebanggaan – kebanggan Indonesia yang menginspirasi dunia.
    __________________________________________________________________________________________________

    BAB III
    KESIMPULAN

    Pada dasarnya Indonesia sebagai salah satu Bangsa Timur memiliki sebuah kepribadian yang baik. Namun belum semuanya sadar akan masing-masing kepribadian yang mereka miliki. Apa yang terlihat di kehidupan saat ini memang seperti terasa begitu jauh dari kata baik, namun itu semua merupakan sebuah proses menuju tercapainya kepribadian yang baik asalkan masing-masing dari kita mulai saat ini juga mengilhami seperti apa itu kepribadian bangsa timur yang sebenarnya. Semuanya tidak akan berubah dan berkembang apabila hingga saat ini kita hanya bisa menilai dan memberikan komentar-komentar kepada orang lain ataupun bangsa lain. Yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk bersikap sesuai dengan norma-norma yang ada sejak bangsa ini dilahirkan dan apabila itu terwujud bukan tidak mungkin suatu saat nanti Bangsa Indonesia biasa menginspirasi bangsa lainnya dalam berbagai hal.

    __________________________________________________________________________________________________
     
     DAFTAR PUSTAKA

    • cintaolivia.blogspot.com

    • http://internasional.kompas.com
    __________________________________________________________________________________________________

    "Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan uraian-uraian yang terdapat pada makalah ini. Saya berharap makalah ini dapat memberi manfaat bagi semua yang bersedia membacanya maupun diri saya pribadi sebagai sebuah pengetahuan baru dan juga sebagai pemenuhan tugas kuliah softskill - Ilmu Budaya Dasar. Terima Kasih."
    __________________________________________________________________________________________________
      
    Download This Papers

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Don't forget to comment... ^ _ ^

    ads
    ads
     
    Back to top!