Searching...
Kamis, 20 Oktober 2011

Mengenai Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan Di Indonesia


 Teori Singkat :

Penduduk, dalam pengertian luas diartikan sebagai kelompok organisme sejenis yang berkembang biak dalam suatu daerah tetentu. Penduduk dalam arti luas itu sering diistilahkan popuasi dan disini dapat meliputi populais hewan, tumbuhan dan juga manusia. Dalam kesempatan ini penduduk digunakan dalam pengertian orang-orang yang mendiami wilayah tertentu, menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu pula.

Masyarakat merupakan suatu kesatuan kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Tekanannya disini terletak pada adanya pranata sosial, tanpa pranata sosial kehidupan bersama di dalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur. Pranata sosial disini dimaksudkan sebagai perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok..

Sedangkan Kebudayaan merupakan hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan selanjutnya cipta merupakan kemampuan berpikir kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan (Selo Sumarjan dan Sulaiman S.).


Jika boleh saya tambahkan, definisi dari kebudayaan itu sendiri juga memiliki arti perilaku, cara atau gaya hidup masyarakat yang mereka pilih untuk digunakan atau diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari.

Keterkaitan antara penduduk, masyarakat dan kebudayaan adalah sebagai berikut :
Penduduk, masyarakat dan kebudayaan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Dan kebudayaan itu sendiri merupakan hasil dari karya manusia (buah pemikiran) yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan dalam kehidupannya. Sehingga kebudayaan tersebut menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari mereka (masyarakat tersebut).
 
Contoh Permasalahan yang timbul akibat adanya penduduk, masyarakat dan kebudayaan : 

Permasalahan yang timbul berkaitan penduduk, masyarakat dan kebudayaan di Indonesia, antara lain tentang permasalahan pencatatan kependudukan dan statistik kependudukan. Contoh kasus carut marutnya masalah kependudukan adalah tentang pembagian BLT yang kacau, proses DPT yang bermasalah pada saat Pemilu tahun lalu, dsb. Dan itu baru permasalahan tentang hal-hal yang berkaitan dengan administrasi tentang kependudukan, belum lagi permasalahan contohnya laju pertumbuhan penduduk, penyebarannya, efeknya terhadap ruang publik, dsb.


Permasalahan penanggulangnnya adalah bagaimana semua pihak dapat berkomunikasi dan berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik, pada saat pembuatan KTP, pencatatan data kependudukan, penekanan laju pertumbuhan, proses penyebarannya juga harus dilakukan secara serius oleh negara.

Selain itu hal-hal berikut perlu dilakukan untuk menekan pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia :
1. Mencanangkan program KB (Keluarga Berencana) untuk membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga    secara umum dan masal, sehingga dapat mengurangi jumlah angka kelahiran.
2. Menunda masa perkawinan agar dapat menekan jumlah angka kelahiran yang tinggi.

Dan adapun cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengimbangi pertambahan jumlah penduduk yakni :
1. Penambahan dan penciptaan lapangan kerja.
2. Meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan.
3. Mengurangi kepadatan penduduk dengan program transmigrasi.
4. Meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan.

Sehingga dapat saya simpulkan bahwa pertambahan jumlah penduduk di Indonesia ini amat sangat memerlukan perhatian serius dari pemerintah dan juga seluruh masyarakat Indonesia demi kelangsungan hidup di masa mendatang yang jauh lebih baik.

Setelah saya pahami mengenai definisi dari penduduk, masyarakat, kebudayaan dan hubungan diantara ketiganya serta contoh kasus yang berkaitan, muncul beberapa pemikiran dari saya, diantaranya:

  • Penduduk, masyarakat dan kebudayaan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Dan kebudayaan itu sendiri merupakan hasil dari karya manusia (buah pemikiran) yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan dalam kehidupannya. Sehingga kebudayaan tersebut menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari mereka (masyarakat tersebut).
  • Pada kenyataannya masyarakat dan kebudayaan terus berkembang dari masa ke masa. Contohnya, dahulu manusia belum mengenal apa itu teknologi dan kecanggihan. Jangankan untuk itu, gaya hidup keseharian zaman dahulu terbilang sangat sederhana. Berbeda dengan sekarang, kebanyakan masyarakat tak bisa lepas dari teknologi serta kecanggihan, contohnya : Untuk sarana komunikasi digunakan handphone / telephone, untuk sarana transportasi digunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, kereta dan lain-lain. Dan itu semua tidak ada di zaman dahulu. Untuk berkomunikasi saja harus secara tatap muka, untuk transportasi harus ditempuh dengan berjalan kaki walaupun  jarak yang ditempuh itu tidak terbilang jauh. Nah, itu  menunjukkan adanya perubahan dari masa yang lampau hingga masa modern saat ini. Dan akan terus-menerus berkembang hingga masa mendatang selama masih adanya masyarakat dan kebudayaan. Tetapi arah perkembangan inilah yang masih menjadi tanda tanya untuk kita senua. Apakah akan berkembang ke arah yang positif, atau malah sebaliknya? Tentu kita semua menginginkan perkembangan ke arah yang positif. Namun demikian, kita semua harus berusaha mencapai itu semua dengan niat dan kerja keras demi masa depan yang lebih baik.

"Angka pertambahan penduduk yang meningkat terus dari tahun ke tahun dan tanpa diimbangi oleh pemikiran-pemikiran individu yang cerdas, hanya akan menyebabkan timbulnya permasalahan-permasalahan sosial di negeri ini."

“Batasi Pertambahan Penduduk, Perluas Ilmu Pengetahuan, Iringi Dengan Niat dan Kesungguhan Hati”
[ JUST ARGUMENT BY ME ^_^ ] 

Sekian yang dapat saya paparkan mengenai penduduk, masyarakat dan kebudayaan. Mohon maaf apabila ada kesalahan teori maupun argumen yang saya utarakan. Terima Kasih.





0 komentar:

Posting Komentar

Don't forget to comment... ^ _ ^

ads
ads
 
Back to top!