Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus kalian lakukan setelah
Sidang PI (Penulisan Ilmiah) :
1. Surat Sidang.
Semua file ataupun surat yang kalian dapat dari mulai daftar sidang
tidak boleh hilang (terutama potongan
kertas ACC Dosen Pembimbing).
2. Surat Revisi.
Setelah sidang biasanya kalian mendapatkan surat revisi (kalo ada revisi), dan usahakan selesaikan dengan cepat revisi tersebut
dengan dosen pengujinya. Jika sudah selesai ditandatangani dosen penguji sidang
itu berarti revisi kalian PI kalian sudah di-ACC dosen penguji.
[ sorry ga sempet foto
]
3. File Untuk Dosen Pembimbing.
Biasanya keinginan dosen pembimbing macam-macam (tapi ga semuanya) ada yang minta softcover/hardcover dan biasanya
juga ada yang minta penulisan dalam bentuk CD saja. Biasanya, selain Dosen
Pembimbing, Pihak Sekjur/Ketua Jurusan juga meminta CD ini sebagai syarat untuk
mendapatkan tanda tangan. Jadi, buat 2 buah CD dengan isi yang sama dan juga
label yang sama.
Untuk file-file yang harus ada di dalam CD (umumnya) adalah : Softcopy Penulisan Ilmiah (.doc & .pdf),
File Aplikasi, Folder Projek PI kalian, File Presentasi (.pdf) dan Jurnal
Penulisan Ilmiah (untuk format Jurnal Penulisan
Ilmiah bisa kalian download melalui link di bagian akhir postingan ini).
4. Hardcover.
Jika sudah mendapatkan ketentuan dari dosen, pembimbing maka yang harus
kalian lakukan adalah membuat 1 Hardcover Penulisan Ilmiah /PI yang sudah direvisi dan
“ingat”, di lembar pengesahan serta pernyataan originalitas masukkan
tanggal sidang dan lulus sidang kalian.
Untuk lebih mudahnya, pembuatan Hardcover bisa dilakukan di tempat
fotocopy sekitar kampus karena mereka sudah paham Hardcover seperti apa yang
harus dibuat. (Buat Hardcover makin cepet
pengerjaannya makin mahal harganya, standarnya sih 3 hari pengerjaan).
5. Upload File Presentasi.
FIle presentasi kalian pada saat sidang harus diupload ke deposit
ibrary yang bisa dibuka melalui studentsite kalian masing-masing. Sebelum
mengupload pastikan file presentasi yang dibuat templatenya sesuai dengan
template yang disediakan dan di deposit library. “Ingat”, format file presentasi yang
diupload bukan ppt melainkan pdf.
6. Verifikasi File Presentasi.
Jika sudah mengupload jangan lupa cetak bukti verifikasi (barcode) dan
minta di-cap ke bagian perpustakaan kampus. Nah, lembar verifikasi (barcode) yang sudah di-cap inilah yang biasanya digunakan sebagai
syarat untuk mendapatkan 3 tanda tangan, khususnya tanda tangan Ketua Jurusan.
7. Tanda Tangan Dosen
Pembimbing.
Setelah semua file untuk Dosen Pembimbing dan Hardcover siap,
selanjutnya adalah meminta tanda tangan Dosen Pembimbing dengan membawa semua file-file
yang diperlukan (point nomor 3) dan
Hardcover.
8. Tanda Tangan Koordinator PI / Kasubag.
Setelah mendapat tanda tangan dari dosen pembimbing selanjutnya
meminta tanda tangan Koordinator PI di loket tempat mendaftar sidang dengan
membawa Surat Revisi yang sudah ACC, lembar verifikasi upload file presentasi
(barcode) yang sudah di-cap perpustakan dan Hardcover.
Biasanya setelah mendapatkan tanda tangan Koordinator PI, Lembar
Verifikasi Upload File Presentasi (barcode) dan Surat Revisi disimpan oleh
pihak Koordinator PI dan tidak dikembalikan.
9. Tanda Tangan Ketua Jurusan.
Jika sudah mendapatkan tanda tangan Dosen Pembimbing dan Koordinator
PI, kalian bisa meminta tanda tangan Ketua Jurusan dengan membawa CD yang sama
untuk Dosen Pembimbing, Lembar Nilai Utama (Ujian Utama) >= 3.00, dan Fotocopy
sertifikat kursus dan workshop.
Namun, untuk Lembar Nilai Utama dan Fotocopy sertifikat sepertinya “tidak
wajib” disertakan bila tidak ada.
10. Scan dan Upload Penulisan Ilmiah.
Apabila ketiga tanda tangan pada lembar pengesahan sudah lengkap, maka
semua tanda tangan discan dan semua penulisan dari cover hingga lampiran diupload ke deposit library dalam bentuk pdf. Dan definisikan semua penulisan
yang diupload, jika tombol definisi tidak muncul bisa minta verifikasi dari
perpustakaan.
11. Verifikasi File Penulisan Ilmiah.
Untuk Verifikasi File Penulisan Ilmiah hanya cukup membawa Hardcover dikarenakan
setelah upload file Penulisan Ilmiah kalian tidak akan mendapatkan barcode
seperti saat kalian upload file presentasi. Verifikasi akan dilakukan oleh petugas
perpustakaan dengan mencocokkan isi file Penulisan Ilmiah yang kalian upload
dengan isi Hardcover Penulisan Ilmiah yang kalian buat.
12. Blanko.
Setelah Penulisan Ilmiah yang kalian upload diverifikasi, pihak
perpustakaan akan menanyakan apakah kalian ingin menyumbang buku (baru) atau
membayar blanko Bank DKI sebesar Rp 25.000,- sebagai pengganti sumbang buku. Untuk
lebih mudahnya saya sarankan untuk membayar blanko. Pembayaran bisa dilakukan
langsung pada hari yang sama dan kemudian Blanko Bank DKI yang sudah di-cap
lunas dikembalikan ke pihak perustakaan.
13. Pengembalian Blanko.
Pengembalian blanko ini harus disertai potongan kertas surat ACC Dosen
Pembimbing (poin nomor 1) dan
potongan kertas ini akan di-cap “Telah Sumbang Buku” dan diparaf oleh petugas perpustakaan.
Kemudian pihak perpustakaan akan mengembalikan potongan kertas ini beserta
blanko Bank DKI (lembar nomor 2.
Penyetor). “Simpan kedua kertas ini”.
14. Sertifikat.
Biasanya Sertifikat Setara Sarjana Muda sudah dapat diambil dalam
waktu 1 minggu setelah pembayaran blanko dan verifikasi upload seluruh
penulisan.
15. SELESAI….
Jika semua tahap sudah selesai dilakukan, maka bisa dibilang kalian sudah menyelesaikan Penulisan Ilmiah (yang melelahkan ini) dan nilainya dapat dilihat ketika nilai 1 semester keluar.
Sekian paparan mengenai tahapan setelah sidang Penulisan Ilmiah. Jika
ada kesalahan penulisan ataupun ada bagian yang kurang jelas dan ingin
ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah postingan ini. (sorry kalo gambar"nya kurang jelas, pake perangkat seadanya.. :D )
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.
GOOD LUCK !
Tautan terkait :
Pertanyaan seputar PI :
Tahap / Alur setelah Sidang D3 Setara Sarjana Muda :
Langkah-Langkah Mengurus Penulisan Ilmiah Setelah Sidang
Petunjuk PI-FTI
Aturan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah UG
Keren ka postinganya hehehe bsa jadi referensi nh buat juniornya termasuk gue :D
BalasHapusHaha, thanks..
HapusMudah"an bisa sedikit membantu kalian pas PI nanti :-d
Perjalanan setelah sidang PI semakin seru bung :d
BalasHapusBettul Bung ! 8-)
Hapusnice info gan!
BalasHapusThanks gan ! semoga bermanfaat.. :>)
Hapusmakasih gan (h)
BalasHapusSama" gan.. :-d
Hapusgan itu d3nya langsung dapet kan?
BalasHapusiya gan..
Hapus( sorry baru buka blog lagi ) :-d
Sangat membantu sekali kak
BalasHapusYoks, Alhamdulillah kalo membantu.. :d
Hapusga di foto nih sertifikatnya kak....
BalasHapusHehe, sorry, kelupaan terus mau foto sertif. PI-nya, sampe lupa narohnya di mana? =))
HapusKalo mau liat penampakannya, ya, semacam ini lah sertif-nya :
http://1.bp.blogspot.com/-deI6juLRAXI/UYbiwZ4408I/AAAAAAAAAL4/SBxOMz_oqug/s1600/img490.jpg
# nyomot punya orang :-)
sertifikatnya ambil dmn kak?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKalo kertas refisinya hilang gimana ngurusnya ?
BalasHapushallo, gimana ya kalo ada kesalahan dalam mengisi informasi tapi sudah dapet verifikasi dari pihak perpus? saya ingin memperbaikinya lagi
BalasHapusKalau misalnya revisi yg dari dosen penguji gak selesai sampai tanggal yg di tentuin gimana kak?
BalasHapusApa kita gak lulus trus ngulang sidang lagi?
kak, kalau tidak ada select files itu bagaimana ya? hehe
BalasHapusbro, file penulisan yang dimasukkan ke dalam CD itu semuanya ya ? termasuk Lembar Pengesahan walopun belum diisi tanda tangan ?
BalasHapus