Searching...
Jumat, 15 Agustus 2014

Tahap-tahap Setelah Sidang Penulisan Ilmiah Setara Sarjana Muda


Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus kalian lakukan setelah Sidang PI (Penulisan Ilmiah) :

1. Surat Sidang.
Semua file ataupun surat yang kalian dapat dari mulai daftar sidang tidak boleh hilang (terutama potongan kertas ACC Dosen Pembimbing).


2. Surat Revisi.
Setelah sidang biasanya kalian mendapatkan surat revisi (kalo ada revisi),  dan usahakan selesaikan dengan cepat revisi tersebut dengan dosen pengujinya. Jika sudah selesai ditandatangani dosen penguji sidang itu berarti revisi kalian PI kalian sudah di-ACC dosen penguji.

[ sorry ga sempet foto ]

3. File Untuk Dosen Pembimbing.
Biasanya keinginan dosen pembimbing macam-macam (tapi ga semuanya) ada yang minta softcover/hardcover dan biasanya juga ada yang minta penulisan dalam bentuk CD saja. Biasanya, selain Dosen Pembimbing, Pihak Sekjur/Ketua Jurusan juga meminta CD ini sebagai syarat untuk mendapatkan tanda tangan. Jadi, buat 2 buah CD dengan isi yang sama dan juga label yang sama.
Untuk file-file yang harus ada di dalam CD (umumnya) adalah : Softcopy Penulisan Ilmiah (.doc & .pdf), File Aplikasi, Folder Projek PI kalian, File Presentasi (.pdf) dan Jurnal Penulisan Ilmiah (untuk format Jurnal Penulisan Ilmiah bisa kalian download melalui link di bagian akhir postingan ini).


4. Hardcover.
Jika sudah mendapatkan ketentuan dari dosen, pembimbing maka yang harus kalian lakukan adalah membuat 1 Hardcover Penulisan Ilmiah /PI yang sudah direvisi dan “ingat”, di lembar pengesahan serta pernyataan originalitas masukkan tanggal sidang dan lulus sidang kalian.
Untuk lebih mudahnya, pembuatan Hardcover bisa dilakukan di tempat fotocopy sekitar kampus karena mereka sudah paham Hardcover seperti apa yang harus dibuat. (Buat Hardcover makin cepet pengerjaannya makin mahal harganya, standarnya sih 3 hari pengerjaan).


5. Upload File Presentasi.
FIle presentasi kalian pada saat sidang harus diupload ke deposit ibrary yang bisa dibuka melalui studentsite kalian masing-masing. Sebelum mengupload pastikan file presentasi yang dibuat templatenya sesuai dengan template yang disediakan dan di deposit library. “Ingat”, format file presentasi yang diupload bukan ppt melainkan pdf.



 
6. Verifikasi File Presentasi.
Jika sudah mengupload jangan lupa cetak bukti verifikasi (barcode) dan minta di-cap ke bagian perpustakaan kampus. Nah, lembar verifikasi (barcode) yang sudah di-cap inilah yang biasanya digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan 3 tanda tangan, khususnya tanda tangan Ketua Jurusan.


7. Tanda Tangan Dosen Pembimbing.
Setelah semua file untuk Dosen Pembimbing dan Hardcover siap, selanjutnya adalah meminta tanda tangan Dosen Pembimbing dengan membawa semua file-file yang diperlukan (point nomor 3) dan Hardcover.

8. Tanda Tangan Koordinator PI / Kasubag.
Setelah mendapat tanda tangan dari dosen pembimbing selanjutnya meminta tanda tangan Koordinator PI di loket tempat mendaftar sidang dengan membawa Surat Revisi yang sudah ACC, lembar verifikasi upload file presentasi (barcode) yang sudah di-cap perpustakan dan Hardcover.
Biasanya setelah mendapatkan tanda tangan Koordinator PI, Lembar Verifikasi Upload File Presentasi (barcode) dan Surat Revisi disimpan oleh pihak Koordinator PI dan tidak dikembalikan.

9. Tanda Tangan Ketua Jurusan.
Jika sudah mendapatkan tanda tangan Dosen Pembimbing dan Koordinator PI, kalian bisa meminta tanda tangan Ketua Jurusan dengan membawa CD yang sama untuk Dosen Pembimbing, Lembar Nilai Utama (Ujian Utama) >= 3.00, dan Fotocopy sertifikat kursus dan workshop.
Namun, untuk Lembar Nilai Utama dan Fotocopy sertifikat sepertinya “tidak wajib” disertakan bila tidak ada.



10. Scan dan Upload Penulisan Ilmiah.
Apabila ketiga tanda tangan pada lembar pengesahan sudah lengkap, maka semua tanda tangan discan dan semua penulisan dari cover hingga lampiran diupload ke deposit library dalam bentuk pdf. Dan definisikan semua penulisan yang diupload, jika tombol definisi tidak muncul bisa minta verifikasi dari perpustakaan.


11. Verifikasi File Penulisan Ilmiah.
Untuk Verifikasi File Penulisan Ilmiah hanya cukup membawa Hardcover dikarenakan setelah upload file Penulisan Ilmiah kalian tidak akan mendapatkan barcode seperti saat kalian upload file presentasi. Verifikasi akan dilakukan oleh petugas perpustakaan dengan mencocokkan isi file Penulisan Ilmiah yang kalian upload dengan isi Hardcover Penulisan Ilmiah yang kalian buat.

12. Blanko.
Setelah Penulisan Ilmiah yang kalian upload diverifikasi, pihak perpustakaan akan menanyakan apakah kalian ingin menyumbang buku (baru) atau membayar blanko Bank DKI sebesar Rp 25.000,- sebagai pengganti sumbang buku. Untuk lebih mudahnya saya sarankan untuk membayar blanko. Pembayaran bisa dilakukan langsung pada hari yang sama dan kemudian Blanko Bank DKI yang sudah di-cap lunas dikembalikan ke pihak perustakaan.

13. Pengembalian Blanko.
Pengembalian blanko ini harus disertai potongan kertas surat ACC Dosen Pembimbing (poin nomor 1) dan potongan kertas ini akan di-cap “Telah Sumbang Buku” dan diparaf oleh petugas perpustakaan. Kemudian pihak perpustakaan akan mengembalikan potongan kertas ini beserta blanko Bank DKI (lembar nomor 2. Penyetor). “Simpan kedua kertas ini”.



14. Sertifikat.
Biasanya Sertifikat Setara Sarjana Muda sudah dapat diambil dalam waktu 1 minggu setelah pembayaran blanko dan verifikasi upload seluruh penulisan.

15. SELESAI….


Jika semua tahap sudah selesai dilakukan, maka bisa dibilang kalian sudah menyelesaikan Penulisan Ilmiah (yang melelahkan ini) dan nilainya dapat dilihat ketika nilai 1 semester keluar.

Sekian paparan mengenai tahapan setelah sidang Penulisan Ilmiah. Jika ada kesalahan penulisan ataupun ada bagian yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah postingan ini. (sorry kalo gambar"nya kurang jelas, pake perangkat seadanya.. :D )

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

GOOD LUCK !


Tautan terkait :

Pertanyaan seputar PI :

Tahap / Alur setelah Sidang D3 Setara Sarjana Muda :

Langkah-Langkah Mengurus Penulisan Ilmiah Setelah Sidang

Petunjuk PI-FTI

Aturan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah UG
 




21 komentar:

  1. Keren ka postinganya hehehe bsa jadi referensi nh buat juniornya termasuk gue :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, thanks..
      Mudah"an bisa sedikit membantu kalian pas PI nanti :-d

      Hapus
  2. Perjalanan setelah sidang PI semakin seru bung :d

    BalasHapus
  3. gan itu d3nya langsung dapet kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan..
      ( sorry baru buka blog lagi ) :-d

      Hapus
  4. Sangat membantu sekali kak

    BalasHapus
  5. ga di foto nih sertifikatnya kak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sorry, kelupaan terus mau foto sertif. PI-nya, sampe lupa narohnya di mana? =))
      Kalo mau liat penampakannya, ya, semacam ini lah sertif-nya :

      http://1.bp.blogspot.com/-deI6juLRAXI/UYbiwZ4408I/AAAAAAAAAL4/SBxOMz_oqug/s1600/img490.jpg

      # nyomot punya orang :-)

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kalo kertas refisinya hilang gimana ngurusnya ?

    BalasHapus
  8. hallo, gimana ya kalo ada kesalahan dalam mengisi informasi tapi sudah dapet verifikasi dari pihak perpus? saya ingin memperbaikinya lagi

    BalasHapus
  9. Kalau misalnya revisi yg dari dosen penguji gak selesai sampai tanggal yg di tentuin gimana kak?
    Apa kita gak lulus trus ngulang sidang lagi?

    BalasHapus
  10. kak, kalau tidak ada select files itu bagaimana ya? hehe

    BalasHapus
  11. bro, file penulisan yang dimasukkan ke dalam CD itu semuanya ya ? termasuk Lembar Pengesahan walopun belum diisi tanda tangan ?

    BalasHapus

Don't forget to comment... ^ _ ^

ads
ads
 
Back to top!