Searching...
Jumat, 09 Maret 2012

Sudah Sesuaikah Hakikat Kita Sebagai Seorang Manusia ?


MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
  Tema : Manusia dan Hakikat Manusia
Sudah Sesuaikah Hakikat Kita Sebagai Seorang Manusia?

                                     Nama : Sonityo Danang Jaya
     NPM : 56411856
     Kelas : 1ia24


TEKNIK INFORMATIKA / S1
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
____________________________________________________________________________________
 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, dan mempunyai derajat yang luhur sebagai manusia, mempunyai budi dan karsa yang merdeka sendiri. Semua manusia sebagai manusia memiliki martabat dan derajat yang sama dan memiliki hak – hak yang sama pula. Dengan demikian Hakikat Manusia pada dasarnya adalah sama dan berlaku terhadap semua manusia yang hidup di muka bumi ini.

Dari uraian mengenai manusia yang telah di paparkan di atas muncul beberapa pertanyaan, diantaranya sebagai berikut :
1.    Apa yang dimaksud dengan hakikat manusia?
2.    Bagaimana sifat hakikat manusia?
3.    Sudah Sesuaikah Hakikat Kita Sebagai Seorang Manusia ?

1.2    Tujuan

  • Mengetahui pengertian hakikat manusia menurut beberapa pandangan
  • Mengetahui sifat hakikat manusia
  • Mengenal Aplikasi Hakikat Manusia di kehidupan sehari-hari.
____________________________________________________________________________________

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Hakikat Manusia

Hakikat Manusia, menurut kamus bahasa Indonesia pengertian dari kata hakikat itu sendiri yakni esensi, inti sari atau dasar, kenyataan yang sebenarnya ataupun keadaan yang sungguh-sungguh. Sedangkan manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang mempunyai akal atau biasa kita sebut “orang” dan ada juga yang menyebut “insan”. Jadi, pengertian dari Hakikat Manusia berdasarkan uraian di atas adalah Manusia sebagai makhluk yang memiliki hak dan kewajiban serta memiliki tujuan hidup yang akan dicapainya dengan cara yang ditentukannya sendiri dalam kehidupannya.

Adapun pengertian Hakikat Manusia yang lain yakni sebagai berikut :
  • Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
  • Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
  • Makhluk yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
  • Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati
  • Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
  • Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
  • Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

2.Sifat Hakikat Manusia

Sifat hakikat manusia menjadi bidang kajian filsafat, khususnya filsafat antropologi. Hal ini menjadi suatu keharusan karena pendidikan bukanlah sekedar soal praktek melainkan praktek yang berlandasan dan bertujuan. Sedangkan landasan dan tujuan pendidikan itu sendiri sifatnya fisilosofis normatif. Bersifat filosofis karena untuk mendapatkan landasan yang  kukuh diperlukan adanya kajian yang bersifat mendasar, sistematis, dan universal tentang ciri hakiki manusia. Bersifat normatif karena pendidikan mempunyai tugas untuk menumbuhkembangkan sifat hakikat manusia tersebut sebagai sesuatu yang bernilai luhur, dan hal itu menjadi keharusan. Gambaran yang jelas dan benar tentang manusia akan memberi arah yang tepat kepada pendidik ke mana peserta didiknya harus dibawa. Selanjutya akan membahas tentang pengertian sifat hakikat manusia dan wujud sifat hakikat manusia.

Adapun Wujud Sifat Hakikat Manusia diantaranya sebagai berikut :
a.    Kemampuan Menyadari Diri
b.    Kemampuan Berinteraksi
c.    Kata Hati (Conscience of Man)
d.   Moral
e.    Kemampuan Bertanggung Jawab
f.     Rasa Kebebasan (kemerdekaan)
g.    Kewajiban dan Hak
h.    Kemampuan Menghayati Kebahagiaan

2.3  Sudah Sesuaikah Hakikat Kita Sebagai Seorang Manusia ?

Mungkin banyak dari kita belum mengetahui sudah sesuaikah hakikat kita sebagai seorang manusia. Saya pribadipun belum mengerti kesesuaian antara hakikat seorang manusia dengan kehidupan yang telah saya jalani hingga saat ini. Sesuai atau tidaknya kehidupan kita dengan hakikat kita sebagai seorang manusia tergantung dengan hal-hal apa saja yang telah kita perbuat di waktu yang lalu dan apa yang telah perbuat saat ini.

Dikatakan sesuai apabila kita sebagai seorang manusia mengerti betul maksud dari diciptakannya kita sebagai salah satu dari sekian banyak makhluk yang telah diciptakan oleh Tuhan. Maksud-maksud tersebut di antaranya adalah untuk mengarahkan diri ke arah yang positif, membuat dunia lebih baik untuk ditempati, berkembang dan terus berkembang selama hidup yang dijalaninya, melibatkan dirinya dalam berbagai usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, dan masih banyak lagi maksud - maksud lain yang perlu kita cari dan kita telaah untuk selanjutnya kita realisasikan dalam kehidupan kita sebagai seorang manusia.
____________________________________________________________________________________

BAB III
KESIMPULAN

 Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat hakikat manusia hanya dimiliki oleh manusia adalah berbeda dan tidak terdapat pada makhluk lain. Adanya sifat hakikat tersebut memberikan tempat dan kedudukan pada manusia sedemikian rupa sehingga manusia dikatakan makhluk yang memiliki derajat yang lebih tinggi dari makhluk lainnya.

Kita sebagai manusia harus mengarahkan diri ke arah yang positif, membuat dunia lebih baik untuk ditempati, berkembang dan terus berkembang selama hidup yang dijalaninya, melibatkan diri ke dalam berbagai usaha untuk mewujudkan diri sendiri yang sebenarnya, dan hal-hal lain yang akan mewujudkan tercapainya tujuan hidup kita sebagai seorang manusia.
____________________________________________________________________________________
 
 DAFTAR PUSTAKA


____________________________________________________________________________________

"Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan uraian-uraian yang terdapat pada makalah ini. Saya berharap makalah ini dapat memberi manfaat bagi semua yang bersedia membacanya maupun diri saya pribadi sebagai sebuah pengetahuan baru dan juga sebagai pemenuhan tugas kuliah softskill - Ilmu Budaya Dasar. Terima Kasih."
 ____________________________________________________________________________________
  
Download This Papers

0 komentar:

Posting Komentar

Don't forget to comment... ^ _ ^

ads
ads
 
Back to top!