1. GET IP ADDRESS
Program
di bawah ini merupakan program yang dapat digunakan untuk mengecek IP komputer
yang sedang kita pakai.
import
java.net.*;
public
class getip {
public
static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress
host = null;
host
= InetAddress.getLocalHost();
byte
ip[] = host.getAddress();
for
(int i=0; i<ip.length; i++) {
if
(i > 0) {
System.out.print(".");}
System.out.print(ip[i]
& 0xff);}
System.out.println();
}}
Jika
kalian ingin mencoba program di atas, maka copy paste saja program di atas ke
dalam notepad kalian. Lalu simpan dengan nama getip.java, setelah disimpan selanjutnya
buka command prompt kalian, lalu compile program tersebut dengan cara
mengetikkan javac getip.java.
setelah program tersebut dicompile maka program tersebut sudah siap untuk
dijalankan dengan mengetik java getip
pada command prompt kalian. Setelah itu tampil output seperti gambar di bawah
ini :
Saya
akan menjelaskan sedikit tentang program java untuk menampilkan ip address.
Pada line pertama terdapat syntax import
java.net.*;, Sintax ini digunakan untuk mengimport semua library yang
berada di dalam folder net pada folder java. Library yang diimport tadi akan
digunakan pada program ini untuk menampilkan ip address komputer kita. Pada
line kedua terdapat sintax public class
getip {, pada syntax tersebut menyatakan bahwa kita membuat sebuah class
dengan nama getip. Pada line ketiga terdapat syntax public static void main(String args[]) throws Exception {, syntax
tersebut menyatakan hawa class getip adalah class utama pada program penampilan
ip address tersebut sehingga file javanya diberi nama getip.java. InetAddress host
= null; digunakan untuk mendeklarasikan InetAddress terhadap objek host
yang memiliki nilai awal null. host =
InetAddress.getLocalHost(); syntax ini menyatakan bahwa objek host di beri
nilai yaitu InetAddress.getLocalHost().
byte ip[] = host.getAddress(); syntax
ini menyatakan bahwa kita membuat sebuah variable yg bertipe data array byte
yang bernama ip yang dimana isinya diambil dari host.getAddress(), artinya dia memanggil method getAddress pada
objek host yang telah di deklarasikan tadi. Lalu dibuat perulangan untuk
mencetak ip address computer tersebut.
2. GET HOST NAME
Program
di bawah ini merupakan program yang dapat digunakan untuk mengecek nama
komputer yang sedang kita pakai.
import
java.net.*;
public
class getname {
public
static void main(String args[]) throws Exception {
InetAddress
host = null;
host
= InetAddress.getLocalHost();
System.out.println("Nama
komputer Anda: " +
host.getHostName());
}}
Berikut
adalah hasil ketika kita menjalankan program getname tersebut.
Penjelasan
program dan cara menjalankannya sama seperti pada program sebelumnya ( getip ).
Yang membedakan adalah jika pada program getip menggunakan syntax host.getAddress(); untuk mengetahui ip
computer yang sedang kita pakai, maka pada program getname menggunakan syntax host.getHostName(); untuk menampilkan
nama computer yang kita pakai.
3. CHATTING
SEDERHANA CLIENT - SERVER DENGAN SOCKET PROGRAMMING
simpleServer.java
import
java.io.*;
import
java.net.*;
public
class simpleServer {
public
final static int TESTPORT = 5000;
public
static void main(String args[]) {
ServerSocket
checkServer = null;
String
line;
BufferedReader
is = null;
DataOutputStream
os = null;
Socket
clientSocket = null;
try
{
checkServer
= new ServerSocket(TESTPORT);
System.out.println("Aplikasi
Server hidup ...");
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try
{
clientSocket
= checkServer.accept();
is
= new BufferedReader(new
InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
os
= new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
}
catch (Exception ei) {
ei.printStackTrace();
}
try
{
line
= is.readLine();
System.out.println("Terima
: " + line);
if
(line.compareTo("tanda_seru") == 0) {
os.writeBytes("Asek,
password benar");
}
else {
os.writeBytes("Maaf,
saya tidak mengerti");
}
}
catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try
{
os.close();
is.close();
clientSocket.close();
}
catch (IOException ic) {
ic.printStackTrace();
}
}
}
simpleClient.java
import
java.io.*;
import
java.net.*;
public
class simpleClient {
public
final static int REMOTE_PORT = 5000;
public
static void main(String args[]) throws Exception {
Socket
cl = null;
BufferedReader
is = null;
DataOutputStream
os = null;
BufferedReader
stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String
userInput = null;
String
output = null;
//
Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT
try
{
cl
= new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
is
= new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream()));
os
= new DataOutputStream(cl.getOutputStream());
}
catch(UnknownHostException e1) {
System.out.println("Unknown
Host: " + e1);
}
catch (IOException e2) {
System.out.println("Erorr
io: " + e2);
}
//
Menulis ke server
try
{
System.out.print("Masukkan
kata kunci: ");
userInput
= stdin.readLine();
os.writeBytes(userInput
+ "\n");
}
catch (IOException ex) {
System.out.println("Error
writing to server..." + ex);
}
//
Menerima tanggapan dari server
try
{
output
= is.readLine();
System.out.println("Dari
server: " + output);
}
catch (IOException e) {
e.printStackTrace();
}
//
close input stream, output stream dan koneksi
try
{
is.close();
os.close();
cl.close();
}
catch (IOException x) {
System.out.println("Error
writing...." + x);
}
}
}
Untuk
program ini kita membutuhkan 2 komputer untuk menjalankannya. 1 komputer
bertindak sebagai server dan 1 komputer lainnya bertindak sebagai client. Pada
sisi server save file yang bernama simpleServer.java sedangkan pada sisi client
save file yang bernama simpleClient.java. Lalu compile program
simpleServer.java di sisi server dan compile simpleClient.java di sisi client.
lalu jalankan program simpleServer terlebih dahulu, setelah program
simpleServer running maka running program simpleClient dengan cara java simpleClient
<nama komputer server>.
Server
Client
Server
Client
Server
Client
0 komentar:
Posting Komentar
Don't forget to comment... ^ _ ^