Searching...
Senin, 22 April 2013

WEB SCIENCE

 
 
Perkembangan ilmu pengetahuan membuat kita dituntut untuk bisa lebih kompetitif dalam mengembangkan teknologi yang dapat mendukung Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Hanya saja seberapa jauh perkembangan teknologi yang dapat ditemukan oleh manusia? Tentu ukuran tersebut hanya bisa diketahui dengan melihat sejarah dari perkembangan teknologi. Perkembangan Teknologi selalu berkembang dari waktu kewaktu, hal ini dapat mempengaruhi bentuk dan kemampuan dari wajah Teknologi tersebut.


Definisi

Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). 

Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.

Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.


Website Static dan Website Dynamic

Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi di dalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. 

Sedangkan website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. 

Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.


Apa Manfaat Web Science Bagi Ilmu Pengetahuan?

Dengan adanya Web Science bisa jadi tempat tukar menukar informasi antar sesama. Tukar menukar informasinya bisa berupa Informasi Formal dan Informal. Informasi Formal adalah informasi yang bersifat khusus. Contohnya adalah informasi Pemerintahan, biasanya web ini berformat .org yang melambangkan web pemerintahan. Sedangkan Web Informal biasanya bersifat umum. salah satu contohnya adalah blogger saya. Karena disini saya bisa bebas membuat postingan tulisan tanpa tema khusus tertentu.

Latar belakang dibuatnya web science adalah untuk mengoptimalkan para ahli ilmu pengetahuan dalam melakukan penelitian dan mengembangkan teknologi yang berguna bagi umat manusia. namun kita tentu saja tau bahwa manusia selalu terbatas dalam ruang dan waktu. Tapi dengan adanya Web science, kita dapat melampaui ruang dan waktu tanpa batas. karna dengan menggunakan Web Science kita dapat menyediakan dan memberikan berbagai informasi melalui Web dengan waktu yang sangat singkat dengan sarana jaringan internet.

Dalam hal ini Teknik Informatika menjadi sarana penghubung antara berbagai ilmu pengetahuan untuk melakukan penelitian. dengan adanya Web Science yang dibuat oleh Teknologi Informatika maka para ilmuwan dapat saling tukar menukar informasi dengan cepat dan mudah untuk mengembangkan teknologi.



Referensi : http://afriduarchan.blogspot.com/2013/04/web-science.html



0 komentar:

Posting Komentar

Don't forget to comment... ^ _ ^

ads
ads
 
Back to top!