Searching...
Sabtu, 21 April 2012

Sesuatu yang Indah, Sebenarnya Melekat Pada Diri Kita Semua


MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
  Tema : Manusia dan Keindahan
Sesuatu yang Indah, Sebenarnya Melekat Pada Diri Kita Semua



          Nama : Sonityo Danang Jaya
          NPM  : 56411856
          Kelas : 1Ia24


 TEKNIK INFORMATIKA / S1
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
_________________________________________________

KEINDAHAN

Pengertian Keindahan.

Keindahan berasal dari kata Indah, Keindahan atau "Beauty" adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan juga dapat memberikan kita rasa keingintahuan tentang hal tersebut semakin terus bertambah. Contohnya jika kita bermusik, kita akan semakin mencari 'Feel' apa yang cocok untuk hati kita1. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, seperti Pemandangan Alam (Pantai, Pegunungan, Danau, Bunga, Lereng Gunung), Manusia (Wajah, Mata, Hidung, Bibir, Rambut, Kaki, Tubuh), Rumah (halaman, tatanan perabot rumah tangga dan sebagainya), Suara, Warna, dan sebagainya.
Semua itu termasuk indah yang merupakan ciptaan Tuhan secara langsung. Betapa indahnya pemandangan matahari pagi dari timur dan pemandangan sore hari ketika matahari sedang menuju peraduannya di ufuk barat bumi ini. Demikian juga pemandangan yang indah ciptaan Tuhan yang muncul dari perpaduan gunung yang menghijau dengan samudera yang membiru. Indahnya pemandangan alam lepas, apalagi saat bulan purnama yang sejuk dengan desiran angin sepoi-sepoi basah. Keindahan seperti itu sudah merupakan keindahan yang universal. Semua lapisan masyarakat akan merasakan betapa indahnya ciptaan Tuhan.

Perbedaan Keindahan Sebagai Suatu Kualitas Abstrak Dengan Suatu Benda Tertentu Yang Indah.

Pengelompokan pengertian keindahan dengan berdasar pada cakupannya. Bertitik tolak dari landasan ini kita bisa membedakan antara keindahan sebagai kualitas abstrak dan keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang memang indah. Perbedaan semacam ini lebih tampak, misalnya dalam penggunaan bahasa inggris yang mengenalnya istilah Beauty untuk keindahan yang pertama, dan istilah The beautiful untuk pengertian yang kedua, yaitu benda atau hal-hal tertentu yang memang indah.
Untuk konsep keindahan yang memiliki definisi abstrak merupakan konsep yang baru dapat berkomunikasi setelah diberi bentuk. Seperti halnya Gesang, setelah ia bermain di Bengawan Solo ia merenung. Ia menemukan konsep keindahan. Tetapi konsep keindahan belum berkomunikasi, barulah berkomunikasi setelah diberi bentuk, yaitu lagu Bengawan Solo yang terkenal itu.
Sedangkan untuk konsep keindahan yang memiliki definisi sebagai suatu benda yang indah lebih mengarah terhadap ke tampilan suatu benda baik visual (tampilan) maupun voice (suara). Contoh lukisan, lukisan dikatakan indah apabila lukisan tersebut memiliki perpaduan warna yang menarik, selaras dan terlihat menyatu dengan objek yang dilukiskan serta mampu menenangkan hati apabila memandang lukisan  tersebut. “Menurut Saya Pribadi Sih Seperti Itu, Mungkin Akan Berbeda Pendefinisiannya Menurut Orang Lain”.

Keindahan Secara Luas.

Keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Atau bisa juga menyangkut pengalaman seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sehingga arti keindahan tersebut tidak hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan Indera Penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna, melainkan benda-benda lain di luar kategori itu semua. Baik yang dapat dirasakan dengan panca indera maupun tidak.

Nilai Ekstrinsik Dan Nilai Intrinsik

Nilai Ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (Instrumental/Contribution Value), yakni bersifat sebagai alat atau membantu.
Nilai Instrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau suatu tujuan ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. 
_________________________________________________

RENUNGAN

Setelah kita membaca uraian-uraian di atas, lantas apa yang kita dapatkan? Apakah kita sudah mengerti betul apa itu keindahan? Atau kita sudah mampu menetukan hal / benda mana yang indah atau tidak. Tentunya tidak semudah itu kita mampu memahami suatu keindahan yang sebenarnya. Namun kita bisa terus menggali dan terus menggali makna yang tersirat dari keindahan itu sendiri dengan cara-cara yang dibenarkan di dalam kehidupan ini.
Sebenarnya saya pribadi juga belum mengerti betul apa arti keindahan yang sesungguhnya. Namun saya berpendapat bahwa keindahan itu merupakan suatu kebaikan atau nilai lebih yang melekat pada objek yang ada, baik yang nyata ataupun tidak nyata. Kita ambil contoh objek lukisan. Lukisan memang pada umumnya merupakan sebuah keindahan. Itu dikarenakan lukisan merupakan sebuah bayangan atau pemikiran seseorang yang diwujudkan atau dituangkan dalam bentuk 2 dimensi dengan perpaduan warna sebagai penjelas objek yang sedang dipikirkan.
Sekarang, apa keterkaitan antara Manusia dan Keindahan? Menurut saya, keindahan itu selalu melekat pada diri manusia, baik itu yang nampak secara fisicly (jasmani) ataupun isi kepala atau berupa pemikiran milik masing-masing manusia yang hidup di dunia (rohani). Kemudian keindahan yang ada itu akan tergantung pada manusia-manusia yang memilikinya. Apakah keindahan itu akan disadari kemudian diwujudkan serta dikembangkandalam bentuk sesuai yang mereka inginkan masing-masing. Atau malah mereka tidak menyadari keindahan yang ada pada diri mereka masing-masing sehingga untuk mewujudkannya saja tidak bisa, apalagi mengembangkannya.
Memang, pembahasan seperti ini terkesan menjenuhkan, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk peduli terhadap hal-hal semacam ini. Karena hal-hal seperti inilah yang mampu memberikan kenyamanan dan kebahagiaan selama kita hidup di dunia ini.
_________________________________________________
KESERASIAN

Keserasian identik dengan Keindahan. Keindahan adalah suatu susunan keserasian yang dapat menciptakan kesenangan bagi penglihatan dan pendengaran. Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah. Pendapat lain mengatakan, bahwa suatu pengalaman sebagai suatu keselarasan dinamik dan perenungan yang menyenangkan. Dalam keselarasan itu seseorang memiliki perasaan seimbang dan tenang dan mempunyai citarasa akan sesuatu yang berakhir dan merasa hidup sesaat ditengah-tengah kesempurnaan yang menyenangkan hati dan ingin memperpanjangnya.
Keserasian tidak ada hubungan dengan kemewahan. Sebab keserasian merupakan perpaduan antara warna, bentuk dan ukuran (jika berbicara mengenai objek secara visual). Atau keserasian merupakan pertentangan antara nada-nada tinggi-rendah, keras-lembut, dan panjang-pendek (jika berbicara mengenai objek secara audio). Memang, terkadang kemewahan menunjang keserasian, tetapi tidak selalu seperti itu. Dan yang terpenting, keserasian merupakan keharusan sebelum kita memilih atau menyebutkan apa, mana, dan siapa yang terdapat suatu keindahan.
_________________________________________________

DAFTAR PUSTAKA

·           nandarfiles.blogspot.com/2011/06/nilai-ekstrinsik-dan-intrinsik.html
·           http://www.scribd.com/doc/17687249/Keindahan
 _________________________________________________
     "Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan uraian-uraian yang terdapat pada makalah ini. Saya berharap makalah ini dapat memberi manfaat bagi semua yang bersedia membacanya maupun diri saya pribadi sebagai sebuah pengetahuan baru dan juga sebagai pemenuhan tugas kuliah softskill - Ilmu Budaya Dasar. Terima Kasih."
_________________________________________________

                                                                      Download This Papers


0 komentar:

Posting Komentar

Don't forget to comment... ^ _ ^

ads
ads
 
Back to top!